Selasa, 17 Mei 2011

Berbagai Cara Untuk Memperoleh Sambungan Internet

4.1  Model-Model Koneksi Ke Internet Service Provider

Internet service provider merupakan perusahaan penyedia jasa layanan akses internet bagi pengguna, baik perorangan, rumah tangga, sekolah, maupun perkantoran. Cukup banyak ISP di Indonesia, misalnya: Indosatnet, Indonet, Wasantara, dan Telkomnet. Tanpa terhubung ke ISP kita tidak dapat memperoleh layanan akses ke internet.
ISP akan memberikan layanan untuk menghubungkan kita ke internet melalui perangkat keras berupa modem, firewall, dan router. Tidak semua ISP dapat langsung menghubungkan computer kita dengan internet. Ada juga ISP yang tidak dapat langsung mengbungkan langsung ke internet. Untuk ISP jenis ini, maka ISP tersebut harus memiliki harus memiliki koneksi ke Internet Network Provider (INP) yang merupakan perusahaan yang menyediakan layananan koneksi ke internet.
Selain ISP dan INP, yaitu ICP (Internet Content Provider) sebuah perusahaan yang menyediakan layanan jasa pembuatan halaman web dan sekaligus memasangkan ke portal-portal yang aktif di internet. Beberapa ICP di Indonesia antara lain: GudegNet, Dapur Web, dll.
Untuk melakukan koneksi ke ISP, ada beberapa macam bentuk sesuai dengan model ISP nya. Bentuk-bentuk koneksi tersebut antara lain.
1.ISP sebagai perusahaan telekomunikasi. PT. Telkom merupakan perusahaan telekomunikasi terbesar di Indonesia yang bertindak sebagai ISP. Adapun bentuk koneksi yang ditawarkan adalah secara Dial Up atau Leased Line.
2.ISP sebagai perusahaan penyedia jasa koneksi ke internet semata. Pada umumnya, perusahaan ini akan menawarkan koneksi nirkabel dengan membangun menara-menara pemancar untuk menangkap frekuensi gelombang radio yang menjadi sarana lalu lintas data dan informasi.
3.ISP sebagai perusahaan penyedia layanan operator ponsel. Pada umumnya, perusahaan ini memberikan layanan sesuai dengan jenis teknologi ponsel yang dikembangkannya, misalnya GPRS.
4.ISP sebagai perusahaan penyedia layanan tv kabel. Pada umumnya, perusahaan ini memberikan layanan koneksi yang menjangkau lokasi dengan menggunakan kabel broadband. Layanan utama yang diberikan semula hanya pemancaran siaran televisi, tetapi kini telah dikembangkan untuk akses internet.

4.2  Pemilihan Dan Cara Berlangganan ISP
Untuk melakukan koneksi ke internet dibutuhkan ISP. Banyak dan beragam pilihan ISP di Indonesia. Berikut ini beberapa hal yang perlu kita pertimbangkan dalam memilih ISP.
1.Harga. Pilihlah ISP yang memiliki kesesuaian antara harga dan fasilitas yang ditawarkan.
2.Dukungan teknis. ISP yang layak dipilih adalah ISP yang memiliki dukungan terhadap gangguan mendadak pada jaringan.
3.Kecepatan modem. Kita perlu mencari informasi, apakah ISP tersebut mampu mendukung penggunaan modem standar dengan kecepatan 56 kbps. Kita perlu memilih ISP yang mendukung penggunaan modem yang kita miliki.
4.Akses jaringan. Usahakan jangan memilih ISP yang hanya menjual ulang jasa dari ISP lain, karena kecepatannya akan semakin berkurang.

Untuk berlangganan internet dari ISP terdekat dapat dilakukan dengan cara berikut.
1.Datang langsung ke ISP terdekat dan meminta formulir pendaftaran dan melengkapi regristrasi untuk pengaktifan internet.
2.Mengambil dan melengkapi regristrasi dari web site ISP yang bersangkutan, contohnya Indosatnet (www.indosatM2.com).
3.Meyerahkan formulir yang sudah dilengkapi ke ISP yang bersangkutan.
4.Bila syarat yang ditentukan sudah terpenuhi, maka internet sudah dapat diakses.
Cafe Bisnis Online Wirausaha backlink boomber

0 komentar:

Posting Komentar

Komentar Anda :